Warning: Parameter 2 to wp_hide_post_Public::query_posts_join() expected to be a reference, value given in /srv/users/pku-sd2-santa-maria-web/apps/pku-sd2-santa-maria-web/public/wp-includes/class-wp-hook.php on line 287

Warning: Parameter 2 to wp_hide_post_Public::query_posts_join() expected to be a reference, value given in /srv/users/pku-sd2-santa-maria-web/apps/pku-sd2-santa-maria-web/public/wp-includes/class-wp-hook.php on line 287
E-Learning - SD SANTA MARIA II Pekanbaru

E-Learning

Dewasa ini dunia pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan dan bisa menjadi tolak ukur untuk kemajuan dan pencapaian prestasi suatu bangsa. Seiring dengan perkembangan itu pula teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kemajuan juga berdampak pada dunia pendidikan. Berbagai teknik dan metode pengajaran dalam pendidikan sekarang banyak bermunculan seiring dengan semakin mudahnya akses Information Communication Technology (ICT). Apalagi dengan kehadiran jaringan iternet, di mana berbagai infmorasi akan mudah didapatkn oleh semua orang. Iinovasi pendidikan tidak terbendung lagi. Perkembangan Information Communication Technology (ICT) mempermudah guru dalam merealisasikan amanat PP No. 19 Tahun 2005. Bentuk realisasi penggunaan Information Communication Technology  diantaranya adalah diterapkannya E-Learning dalam dunia pendidikan termasuk di sekolah dasar (SD).

Pengertian E-Learning

E- learning terdiri dari dua kata yaitu E yang merupakan kepanjangan dari electronic dan learning. Jika kedua kata itu digabung menjadi satu, maka membentuk satu pengertian yaitu pembelajaran yang berbasis elektronik. Istilah e-Learning atau eLearning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi E-learning dari berbagai sudut pandang.

Selaras dengan kemajuan teknologi pada masa kini, definisi e-learning atau electronic learning sering kali berubah-ubah. Secara umum, elecrtonic learning adalah pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan serangkaian alat elektronik (LAN, WAN atau internet) untuk menyampaikan isi materi yang akan diajarkan. Komputer, .internet, internet, satelit, tape audio/ video, TV interaktif dan CD ROM merupakan sebagian media elektronik yang tergolong ke dalam kategori ini.

Banyak pakar yang mengemukakan penafsirannya tentang e-learning dari berbagai sudut pandang diantaranya, yatu: Hartley (Hartley, 2001) menyatakan: e-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke pada siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms (Glossary, 2001) menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa: e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone.

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa E-learning adalah pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi atau learn based Information Communication Technology (ICT). Penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, dalam hal administrasi maupun penyampaian materi pelajaran kepada peserta didik.. Interactive e-learning membuat siswa turut berperanserta secara aktif dalam proses pembelajaran.

Tujuan ’E-learning for Education’ untuk SD

  • Menjawab tantangan tentang globalisasi informasi dan komunikasi khususnya dalam  kegiatan  belajar mengajar.
  • Penggunaaan E-learning meningkatkan interaksi belajar mengajar menjadi lebih menarik
  • E-learning menghapus paradigma bahwa guru adalah sosok yang serba tahu
  • Penggunaan E-learning mengajarkan dan membiasakan kepada anak mengenal teknologi

Berikut ini kami sajikan website E-Learning yang bisa kamu coba.

  1. http://www.e-learningforkids.org